This website has been available since May 5, 2010 and it is dedicated to the success of the education process at UPT SD Negeri 117 Gresik Ex SDN SIRNOBOYO Kec. Benjeng Kab. Gresik East Java Province, Thanks to Allah SWT. Website ini ada sejak tanggal 5 Mei 2010 dan didedikasikan untuk keberhasilan proses pendidikan di UPT SD Negeri 117 Gresik Ex SDN SIRNOBOYO Kec. Benjeng Kab. Gresik Provinsi Jawa Timur, Thanks to Allah SWT.

LIMA KIAT MELAKSANAKAN PTK

Ada lima kiat dalam melaksanakan PTK yang efektif, yaitu:

1. Melihat
2. Membaca
3. Menulis
4. Meneliti
5. Melaporkan

Kelima hal itulah yang selalu saya lakukan dalam melaksanakan PTK di sekolah dengan cara terus menulis setiap hari dalam buku catatan atau agenda guru sehingga guru tidak lupa dengan apa yang telah dilakukannya. Alhasil setiap karya tulis yang saya buat selalu masuk final di tingkat nasional. Karena itu lima langkah (5M) sangat penting dilakukan agar PTK bapak dan ibu guru berhasil.

* Langkah pertama dalam PTK adalah melihat.

Dengan melihat kondisi kelas kita masing-masing, maka akan ditemukan segudang masalah pembelajaran yang sebenarnya dapat kita pecahkan dengan cara melakukan PTK. Ibarat seorang dokter, bila ada penyakit dalam tubuh pasien, tentu dokter akan mencari obat yang manjur agar penyakit itu dapat disembuhkan. Guru harus mampu melihat kondisi para siswanya dan mampu mengembangkan potensi unik yang dimiliki oleh setiap siswa.

Prof. Dr. Cony R. Semiawan dalam bukunya Catatan kecil Penelitian menuliskan bahwa setiap anak manusia memiliki lebih dari satu potensi. Potensi inilah yang harus kita temukan dalam diri anak didik kita agar menjadi manusia unggul melalui PTK.

* Langkah PTK yang kedua adalah membaca.

Dengan banyak membaca, baik dari buku, karya tulis ilmiah, atau jurnal-jurnal pendidikan yang sudah diterbitkan, kita menjadi tahu dari para pakar pendidikan apa yang harus kita lakukan dalam memperbaiki kinerja kita sebagai guru. Ketika masalah itu muncul, cari solusinya dengan banyak membaca buku. Dari sanalah guru akan mengetahui solusi apa yang tepat dilakukan dalam menyelesaikan masalah pembelajaran. Seperti seorang dokter, tentu harus berhati-hati dalam memberikan resep obat. Jangan sampai pasien yang pilek dikasih obat diari. Tentu tak akan sembuh penyakitnya itu. Di dalam PTK itu pun demikian, bacalah dengan cermat dari teori-teori pembelajaran yang ada, metode mana yang tepat untuk menyelesaikan masalah pembelajaran. Apakah dengan membuat media pembelajaran, alat peraga atau strategi pembelajaran, metode pembelajaran yang beragam, dan lain sebagainya yang sesuai dengan kondisi kelas yang ada di sekolah masing-masing.

* Langkah yang ketiga dari PTK adalah Menulis.

Bila bapak dan ibu guru telah menemukan masalah, sebaiknya segera dituliskan. Agar tindakan yang kita lakukan tercatat dengan baik. Tulislah apa-apa yang telah kita lakukan dan jangan takut salah untuk menuliskannya. Teruslah menulis apa-apa yang telah dikerjakan sehingga bapak dan ibu guru mempunyai data berupa kata-kata yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. hal yang tersulit dalam emnulis adalah memulai menulis. Jadi jangan ditunda-tunda untuk terus menerus menulis. Tulislah sesuatu yang dianggap penting, dan kemudian ceritakan kembali apa-apa yang telah dilakukan.

* Langkah yang keempat dalam PTK adalah meneliti.

Guru harus dapat meneliti di kelasnya sendiri. Jangan biarkan bapak/ibu guru tak memiliki kemampuan meneliti dikarenakan anda tak mampu menganalisis data yang ditemukan ketika menuliskan hasil-hasil penelitian. Ketika bapak dan ibu guru mampu melakukan dengan cermat, melalui pengamatan yang akurat, maka proses penelitian itu menjadi hebat. Bapak dan ibu guru akan berhasil dalam PTK.

* Langkah kelima dalam PTK adalah Melaporkan.

Dari data-data yang ditemukan dilapangan, para guru hendaknya segera melaporkannya dalam bentuk hasil penelitian. Hasil penelitian didapatkan dari proses perencanaan yang matang, tindakan perbaikan yang menantang, proses pengamatan yang cemerlang, dan refleksi diri bersama teman sejawat agar mampu berkolaborasi dan berpartisipasi dalam kegiatan PTK.

Bila bapak dan ibu guru mampu memadukan kelima hal itu menjadi satu, maka bapak dan ibu guru akan mengalami keberhasilan dalam melakukan PTK. PTK dilakukan dari keseharian kita mengajar. PTK tidak dilakukan di luar jam mengajar. PTK dilakukan dari keinginan guru untuk terus menerus memperbaiki kualitas pembelajarannnya di kelasnya sendiri sehingga mampu meningkatkan kinerjanya sebagai guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Mutu pendidikan diperoleh apabila bapak dan ibu guru selalu melakukan instropeksi diri dengan melakukan PTK. PTK adalah sebuah solusi guru untuk senantiasa menemukan hal-hal baru dalam menambah khasanah ilmu pendidikan yang terus berkembang. Mari kita belajar ilmu PTK terus menerus dengan melakukan tindakan nyata dan bukan kata-kata. Sudahkah anda melakukannya?

dikutip dari = http://umum.kompasiana.com/
Labels: ARTIKEL

Thanks for reading LIMA KIAT MELAKSANAKAN PTK. Please share...!

0 Komentar untuk "LIMA KIAT MELAKSANAKAN PTK"

Beri Komentar yang membangun, tidak berkata kotor dan tidak berbau sara!!!

Back To Top